Tuesday, May 4, 2010

Sekumpulan Orang Yang Menuju Pulang

Saya, anda, mereka, entah yang di kolong jembatan atau di "kolong" gedung-gedung mewah pada hakekatnya adalah sama. Kita semua hanyalah sekumpulan orang yang menuju pulang, disadari atau pun tidak di sadari, kita adalah sekumpulan orang yang menuju pulang.



Kekayaan, kekuasaan, kebanggaan, kecantikan dan ketampanan tidak lagi menjadi hal yang mempunyai arti atau nilai lebih ketika gerbang "rumah" sudah ada di depan mata. Tidak ada yang bisa membawa kita kembali ke masa lalu, masa dimana ada kejayaan, atau sebaliknya, masa di mana ada penderitaan. Semua menjadi cerita-cerita yang tidak sempat di ceritakan. Semua menjadi kenangan-kenangan yang tidak sempat lagi untuk kita kenang, ketika kita sudah masuk ke dalam rumah tempat kita kembali pulang


Hidup dalam kehidupan kita dengan penuh arti kehidupan yang positif menurut "aturan kehidupan" yang berlaku, adalah sebuah keharusan yang harus kita terapkan dalam kehidupan kita. Sehingga ketika kita pulang menuju rumah tempat kita kembali, kita akan pulang dengan wajah tanpa ada goresan hitam dari jelaga kesedihan.


Saya teringat apa yang pernah dikatakan Nietzsche, "Janganlah engkau mati sebelum bisa menghantui pikiran semua orang". Dari apa yang di katakan Nietzsche, kita bisa mengambil sebuah kesimpulan tentang pentingnya arti hidup dalam kehidupan. Karena tanpa adanya arti dalam kehidupan kita, kita tidak akan bisa menjadi orang yang bisa menghantui pikiran semua orang. Kita hanya akan menjadi cerita kesedihan selama beberapa hari, untuk kemudian cerita-cerita kesedihan itu hilang dengan sendirinya, bersama hilangnya kesedihan itu sendiri.


Kita hanyalah sekumpulan orang yang menuju pulang, jika kita tidak menanamkan arti hidup dalam kehidupan kita, adalah sebuah konsekswensi logis ketika kita mendapatkan kegersangan, kehampaan, merasa tidak ada prestasi dalam kehidupan kitaketika kita sudah mendekat dengan pintu rumah tempat kita pulang. Tidak akan pernah ada taman yang indah jika tidak ada yang membuatnya.



Menghidupkan arti hidup dalam kehidupan, lebih menghidupkan hidup dengan arti yang positif, adalah awal dari kehidupan kita setelah kematian.

Wednesday, March 31, 2010

Angkot Dan Kemacetan

Siapa sih yang tidak tau Angkot atau angkutan kota?
Alat transportasi yang tidak gratis yang suka ngepot sana-ngepot sini dan berhenti mendadak membuat terkejut pengendara sepeda motor atau mobil yang berada di belakangnya nggak boleh  . Belum lagi kebiasaan angkot yang suka berhenti di sembarang tempat dan sudah pastinya membuat kemacetan semakin parah, ada sih yang lebih parah, lebih parahnya sopir angkot ini cuek-cuek saja cengar-cengir kayak kuda lumping yang gak pernah makan rumput.
Malahan ada beberapa dari kakaknya angkot yaitu bus kota, dengan tanpa beban, ngobrol sesama sopir buskota lain ( tapi satu juragan)  berbicara sana-sini waktu berpapasan dan berhenti di tengah jalan,  Untung mereka tidak minum kopi dan main catur sekalian, wah bisa beraber tuh dunia... benar-benar deh , pengemudi seperti ini mungkin  hati, perasaan dan logikanya sudah menguap bersama asap hitam nan tebal yang keluar dari kenalpot biskotanya.. 

Pagi hari, siang, sore sampai malam, angkot tetap beraktifitas mengais rupiah. Hidup memang keras dan penuh denga kompetisi. Kita memang harus berkompetisi untuk bisa memenangkan pertarungan atau setidaknya bisa bertahan di dalam pertarungan ini untuk kemudian mati dikalahkan ama kerasnya hidup tertawa.
Kita harus berkompetisi, tentunya dengan tidak melupakan kaidah-kaidah atau norma-norma kehidupan dan adanya kesadaran tentang kewajiban untuk menghargai hak-hak orang lain.senang 

Kehidupan kita memang tidak bisa lepas dari benda bernama Angkot bin Biskota ini. Pada kenyataannya benda-benda ini memang dibutuhkan oleh beberapa bagian kalangan. Tapi karena ketidak disipilinan dari  pengemudinya. imbasnya kita bisa menjumpai fenomena kemacetan yang di sebabkan angkot dan bis kota.
Di kota-kota besar hal ini memang sudah menjadi pemandangan dan kebiasaan sehari-hari, jadi mungkin masyarakatnya sudah terbiasa. Sebut saja di Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Surabaya. Kebiasaan angkot ini pasti sudah di mengerti dan di pahami. Tapi saya yakin anda akan berubah pikiran dan perasaan ketika anda dalam keadaan tergesa-gesa atau mengejar waktu . Pasti sumpah serapah dan umpatan akan keluarmarah, setidak nya dari hati anda, Kalau sudah begini saya sarankan anda untuk segera Istigfar saja..karena anda tiba-tiba menjadi orang yang tidak biasa..mengerlingkan mata ..

Pernah ada temen saya yang mengatakan, waktu itu saya masih ada di Jakarta. Pada saat saya dan teman saya ini pergi menuju ke kawasan Industri di daerah Cikarang,  Begitu keluar Tol  dan memasuki daerah Cikarang, saya langsung disuguhi dengan kemacetan yang lumayan menjengkelkan, karena saya memang sedang mengejar waktu. Saya bertanya kepada teman saya, "Kok macet, ada apa nih, kecelakaan?". Teman saya menjawab dengan enteng, "Yaah..selama masih ada angkot ya  pasti selalu ada Kemacetan".
Jawaban yang sadis tapi realistis. Memang benar seperti itu pada kenyataannya kan..menaikkan alis ..

Kalau mau di usut, salah siapa dosa siapa seperti kata Bang Ebiet G. Ade, ini kesalahan pada siapa?
Siapa yang salah siapa yang bertanggung jawab?
Kalau menurut saya Pihak yang berperan terhadap terjadinya keadaan yang tidak baik ini.

Pertama Jelas itu salah Pemerintah dengan aparatnya yang kurang tegas menindak dan menindak, sekali lagi Menindak, atau mungkin mereka tidak bertindak..saya tidak tahu,Semoga pemerintah mendengarkan deh. Tidak pernah ada ketegasan hukum di negara kita, hukum akan menjadi jelas kalau kasusnya sudah mencuat, pun masih bisa di otak-atik (otak-otak amat licik). Hlaa  kalo angkot mau di urusin secara hukum ya tidak ada duwitnya dong pak dhe..mending ngurus yang ada duitnya aja kali ya..
mungkin itu alasannya  bagi pemerintah mata duitan.  ahh..semoga saja tidak seburuk itu pemerintah kita ya..masa mau kalah sama China yang enam tahun lalu ada di belakang kita, sekarang sudah ada jauh di depan kita.

Kembali ke angkot, Kalau aparat pemerintah yang bertanggug jawab dalam hal ini bisa  lebih tegas dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, misal ada pengemudi angkot atau biskota tidak berhenti pada tanda S Coret, Tilang aja angkotnya..jangan suratnyaa...buat apa surat?bukannya masih bisa di manipulasi?eh kok malah di bayar ditempat, seperti jual beli saja ya...ya gak bakal sembuh korengnya...

Bagaimana nih pemerintah?perasaan dari saya kecil sampe sekarang masih tetep sama saja.
Apa pemerintah Lupa ya kalau marka jalan itu dibuat tidak dengan gratis. Sehingga acuh tak acuh ketika marka atau rambu jalan itu hanya menjadi penghias jalan, atau mungkin malah mempersempit jalan?

Atau memang aparatur yang bertanggung jawab dalam hal ini terlalu banyak pekerjaan, sehingga tidak mampu atau tidak bisa menertibkan pengguna jalan yang tidak disiplin dan berpotensi merugikan pengguna jalan yang lain. yah bilang saja angkot deh. bis kota deh..bajaj deh. Atau mungkin tidak niat karena kerja tidak kerja tetap mendapat gaji?saya tidak tahu...

Pihak kedua yang berperan dan harus bertanggung jawab dalam hal ini adalah pengemudi angkot itu sendiri. Jangan seenaknya dong berhenti disembarang tempat, ngepot sana ngepot sini, berhenti mendadak di tengah jalan dan langsung motong jalan yang pada akhirnya menimbulkan kemacetan. Pada saat melakukan tindak ketidak sopanan ini, kalau kita perhatikan wajah atau mimik Pengemudi angkot seoalah  minta kita untuk mengerti dirinya.
Kita sama-sama mencari makan, tapi tentunya harus dengan cara yang benar dan tidak berpotensi merugikan orang lain. Saling menghargai, saling memahami mungkin sebuah solusi. Atau mungkin ada solusi yang lain?

Yah itulah fenomena angkot yang sering menciptakan kemacetan yang panjang, motivasi yang pasti adalah karena mereka mengejar SETORAN!sapi 


Semoga Bermanfaat kopi



Gambar bus dan angkot diambil dari: http://foto.detik.com/images/content/2007/07/19/157/angkot4.jpg
Gambar pulisi di ambil dari: http://aminudin.net/wp-content/uploads/2009/06/kartun_polisi.jpg


Wednesday, March 24, 2010

Lidah Tak Bertulang

Lidah tak bertulang bukan hanya sebuah pepatah, tapi memang benar kalau kenyataanya lidah tidak bertulang.Lidah tidak bertulang biasanya di gunakan untuk mengkiaskan tentang kata-kata yang keluar dari mulut kita atau mulut orang lain.
Gara-gara lidah tidak bertulang ini kita sering di pusingkan atau di lempar ke dalam suatu keadaan yang tidak menyenangkan, entah oleh kata-kata kita sendiri atau oleh kata-kata orang lain. ya karena kita tidak bisa menjaga lidah ini. Ada juga yang menggunakan perumpaan pandai bersilat lidah. bukan lidah kita bisa menggunakan jurus-jurus pencak silat atau gimana..tapi pandai bersilat lidah adalah orang yang pandai menggunakan kata-kata untuk berkelit atau untuk menyerang orang lain demi kepentingan dirinya sendiri atau untuk melakukan pembenaran terhadap apa yang dia lakukan..

Hal yang berhubungan dengan pembelaan diri, atau beradu argumen sering di hubungkan dengan benda yang satu ini, Lidah. Karena lidah tidak bertulang, banyak orang dengan mudah mengeluarkan kata-kata, kalimat atau pernyataan yang pada akhirnya membuat dirinya terjebak ke dalam situasi yang kurang menguntungkan akibat kata-kata, kalimat atau pernyataan yang dia keluarkan.Kalimat yang tidak terkontrol ini sering keluar dari bibir orang yang sedang emosi dan pada akhirnya akan di dapati sebuah kesimpulan bahwa lidah memang tidak bertulang. Kita sangat rentan terpeleset kemudian terjatuh akibat dari pernyataan kita sendiri.
Apa yang sudah di bangun, sangat mudah runtuh dalam sekejap hanya karena kita tidak bisa menjaga lidah kita. 

Apalagi kalau kita sudah berdebat beradu argumen, dengan ritme yang cepat lidah mengalunkan kata-kata dengan cepat, kata-kata, kalimat dan pernyataan yang sering tidak melalui sensor logika akan sebab dan akibat dari pernyataan itu.

Malik Bin Anas pernah mengatakan..

"Perdebatan Itu Menyesatkan hati dan Mempusakai Kedengkian"

Kalau kita mau sedikit meluangkan waktu untuk mencoba merenungi apa yang di katakan Malik Bin Anas, itu memang sangat masuk akal. Karena hampir semua orang yang berdebat dan argumennya dapat di rontokkan, itu menciptakan dendam dan kebencian. Perdebatan juga Menyesatkan hati, itu memang benar, karena argumen yang di keluarkan disertai perasaan ingin menang dan mendapat pengakuan akan kebenaran  dari argumennya, nah kalau sudah begini bukan lagi kebenaran hakiki yang di cari, tapi sudah menyangkut kebenaran pribadi, ego dan keinginan untuk mendapat pengakuan dan dukungan dari orang lain. disinilah peran silat lidah sering kita dapati.

Ada orang bijak yang pernah mengatakan "Pada saat Manusia Sedang Emosi, sedang marah, Kemampuan berpikirnya ada pada LEVEL TERENDAH".

Tidak mungkin orang yang sedang berdebat tidak di sertai rasa amarah dan emosi, sekecil apapun itu pasti ada. Jadi sangat wajar kalau kita sedang marah dan emosi,kita sering mengeluarkan kata-kata atau pernyataan yang di kemudian hari itu akan merugikan kita sendiri.

Untuk mencari solusi dari suatu kasus atau masalah yang sedang terjadi, sebenarnya bisa di lakukan dengan DISKUSI yang interaktif. Diskusi tanpa disertai emosi, diskusi dengan penuh perasaan rendah hati, diskusi tanpa ego yang memuncak..
Tapi sayangnya, dari diskusi yang tadinya berjalan lancar pada ujungnya akan membawa kita pada kondisi debat yang penuh emosi dan ketegangan.
Kedewasaan kita di tuntut berperan disitu, kesadaran kita akan rasa yang menurut pepatah jawa Andap Asor Tepo Seliro (rendah hati dan menghargai orang lain_) itu sangat di tuntut. Karena tanpa itu semua Diskusi hanya akan menjadi ajang adu mulut dan adu kebenaran menurut versi masing-masing individu.

Saya rasa hal ini bisa dilakukan dengan catatan kita masih bisa mengingat akan sebuah rasa rendah hati dan tidak merasa benar sendiri.
Ingat, Yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki bukanlah Bom Atom, tapi yang menghancurkan dua kota besar di Jepang itu adalah sebuah AMARAH. kalau kita kritis kita bisa menyimpulkan, bahwa amarah adalah mesin pembunuh yang paling mengerikan. dari mana datangnya amarah ini..berawal dari sebuah nyanyian lidah-lidah yang kemudian menyimpulkan dengan lidah yang kemudian memacu hati untuk merasakan amarah.  

Saya jadi terbawa pada suatu masa dimana ketika kami sedang berdiskusi dan terjadi adu argumen, moderator menyela dengan ucapan" Marilah kita untuk Sejenak berasama-sama mengucap Istighfar..Astaghfirullaaah...."
Semoga bermanfaat..



Tuesday, March 23, 2010

DEMENSIA Alias PELUPA

Gara-gara kunci kendaraanku di bawa ama temenku di kantorku, menggelitik jiwa deh untuk nulis artikel yang ada relevansinya ama kejadian ini. Cerita gini, doi aku mintain tolong buat markir kendaraan ku, dan pada saat jam pulang kerja aku masih saja berkutat ama kecanggihan internet sampai jarum jam tidak terasa sudah nunjuk ke angka 30 dan yang satunya mendekati angka 10. Tiba-tiba aku pengen pulang karena hujan sudah mulai turun dari dari langit yang lumayan tinggi. tapi memang tinggi sih..hehehe..
Nah...pada saat aku mencari kunci kendaraanku, aku tidak menemukannya. dan setelah aku pikir dan aku coba rasakan, jangan-jangan di bawa sama temen kantorku, tapi tetep aku cari dan terus cari walaupun sampai pada akhirnya aku tidak bisa menemukannya dan pada akhirnya aku menghubungi temenku. waktu aku telpon dia bilang kunci udah di kasih ke aku..aku cari lagi...dan tidak ketemu..terus dia telpon balik...eeeh...kuncinya ada di dalam tasku....weks!
hahahaha..dongkol campur geli, akhirnya dia dengan berbaik hati (terpaksa tidak ya dia) mau mengantarkan kunci ke kantor..
Yaaah....namanya juga lupa..mau di apain lagi...tapi jangan sering-sering dooooong....ntar lupa arah pulang ke rumah lagi...


Jadi inget sama artikel yang membahas masalah pelupa ini. 
Penyakit lupa atau demensia merupakan penyakit degeneratif akibat kematian sel-sel otak dan umumnya menyebabkan kemunduran fungsi intelektual atau kognitif, yang meliputi kemunduran daya mengingat dan proses berpikir.

Penyebabnya secara pasti masih belum ditemukan sih hingga saat ini, namun para ahli menyebutkan beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya kepikunan seperti sering minum alkohol dan menggunakan narkoba, masalah keturunan, pernah mengalami benturan di kepala dan stroke.

Demensia merupakan penyakit degeneratif otak progresif yang disebabkan timbulnya neurotangles. Yaitu, suatu bentuk plak-plak yang tinggal di saraf otak. Neurotangles ini menyebabkan sel-sel otak cepat rusak dan mati. Sehingga, muncul gangguan pada fungsi memori dan timbul kepikunan.

Otak penderita demensia mengalami kerusakan akibat adanya beberapa sel saraf yang mati di sejumlah bagian penting. Otak akan mengkerut sehingga terjadi gap atau kerenggangan dalam daerah cuoing temporal dan hippocampus. Kedua bagian ini sangat berperan dalam menyimpan memori dan mengolah informasi baru. Dari sini akan muncul pengaruhnya pada kemampuan seseorang untuk mengingat, berbicara juga mengambil keputusan.

Sementara, produksi beberapa zat kimia penting dalam otak seperti acetylcholine juga ikut terpengaruh (itu kata buku lho..). Masih belum diketahui apa penyebab matinya sel saraf dalam otak. (masih belum di ketahui lagi kan..) Namun ada sejumlah karakteristik yang muncul pada otak setelah sel-sel itu mati, yaitu terjadinya kerumitan dalam kepingan protein yang bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop (tau mikroskop kan?hihi...).

Dampak dari kerusakan sel-sel saraf itu menyebabkan orang akan kehilangan sebagian memori. Ditandai dengan kelupaan menaruh benda, melupakan janji dengan teman atau bahkan lupa nama seseorang. Yang parah, gejala macam ini sudah kerap dialami oleh mereka yang berusia muda. Tahap yang lebih parah dari ini adalah ketika kita lupa menemukan suatu kata yang tepat untuk mengartikan ucapan seseorang. Bisa juga kita lupa mencari kata untuk mendefinisikan sesuatu. Semua kepikunan ini akan berpengaruh pada kepribadian dan perubahan mood.

Dalam kaidah herbalis, kepikunan bisa disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan sistem tubuh. Tubuh yang tidak harmonis ini akan memiliki gelombang atau Medan Electro Magnet (MEM) yang tidak stabil pula. Ketidakstabilan MEM akan mempengaruhi mekanisme sistem hormon, sistem saraf dan sistem daya tahan tubuh menjadi terganggu.

MEM yang terganggu menyebabkan meningkatnya hormon kortisol. Hormon ini menyebabkan terjadinya penuaan dini (premature aging) dengan gejala-gejala melemahnya beberapa organ penting seperti pendengaran, penglihatan, daya ingat dan sebagainya.

Untuk mengatasi penyakit lupa dan menstabilkan MEM memang tidak mudah, namun ada beberapa cara yang insya Allah dapat membantu dan mengurangi kepikunan tersebut dengan melakukan:

1. Kurangi Makanan yang Berlemak: Diet dengan membatasi total kalori serta konsumsi lemak sebesar 15 – 20% dapat membantu mencegah kepikunan. Efek negatif konsumsi lemak tinggi adalah menyebabkan terciptanya plak aterosklerosis, berkembangnya penyakit-penyakit kardiovaskuler, arteri koronari, dan cerebrovaskuler sehingga menghambat asupan oksigen ke otak melalui pembuluh arteri.

Banyak mengkonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega 3 dokosaheksaenoat (DHA), seperti ikan tuna dan salmon, dapat mengurangi penurunan kinerja kognitif pada orang-orang tua, kalau tidak punya uang buat belinya ya makan aja ikan asin yang banyak..hahahaha.... 

Di otak, DHA berperan dalam mengatur fluiditas dan permeabilitas membran sel, menjaga aktivitas enzim-enzim yang terikat membran dan kinerja neurotransmiter (dopamin dan serotonin). Neurotransmiter ini bekerja sebagai penghubung antara otak ke seluruh jaringan saraf dan pengendali seluruh fungsi tubuh. Serta mengkonsumi beberapa vitamin yang bisa menjaga kesehatan otak seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan E, fosfatidilserin, ubiquinon, asetil – L – karnitin dan ginkgo biloba.

2. Perpanjang Sujud dan Puasa: Dalam keadaan MEM yang tidak stabil, perubahan kedudukan akan turut membantu memulihkan kesehatan. Dalam keadaan sujud, di mana posisi jantung lebih tinggi dari kepala membuat aliran darah mudah menuju ke kepala. Darah yang berisi oksigen itu memang sangat dibutuhkan oleh otak guna mengoptimalkan fungsinya. Karena itu, memperpanjang sujud, khususnya pada salat tahajud, akan memberikan kesempatan kepada otak memenuhi kebutuhan oksigen secara maksimal. Selain itu, sujud dalam kedaan semua anggota tubuh beristirahat sangat membantu memperbaiki kestabilam MEM.( tuuh kan..jadi tau kan ente apa manfaatnya gerakan dalam Sholat..masih suka sholat gak?)

Sedangkan puasa berfungsi menekan otak untuk melakukan pengimbangan MEM. Hal ini dapat dilihat ketika seseorang berpuasa, otak akan banyak mengeluarkan omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel saraf. Di samping itu, puasa dapat menurunkan kadar kortisol dan memperbaiki mekanisme pelepasan kortisol. Kortisol dalam aksinya akan mencegah/menahan penggunaan glukosa oleh hipokampus, menghambat transisi sinapsis dan menyebabkan neuron/sel saraf luka (injury) serta kematian sel.

Puasa juga dapat menurunkan level lipid peroksidase, yaitu suatu enzim yang dapat menghasilkan radikal-radikal bebas dan meningkatkan level dehidroepiandrosteron, yaitu suatu hormon yang penting untuk optimalisasi fungsi otak. Tidak mengherankan jika Rasullulah berkata bahwa puasa itu menyehatkan.

3. Olahraga. Para ahli berpendapat bahwa olahraga yang teratur ternyata dapat memperbaiki aspek-aspek fungsi kognitif sebesar 20 – 30%. Oleh karena itu, olahraga sangat disarankan karena dapat menahan laju kepikunan. Dalam suatu studi, orang tua yang berusia 40 – 60 tahun dan mau melakukan olahraga secara teratur memiliki resiko kepikunan yang lebih rendah dibanding mereka yang tak berolahraga. Olahraga diketahui meningkatkan aliran darah otak dan produksi faktor-faktor pertumbuhan untuk syaraf.

4. Latihan otak. Yang dimaksud dengan latihan otak adalah memberikan stimulasi kognitif, seperti berdiskusi tentang topik aktual, mengisi teka-teki, main catur, mendengarkan musik nostalgia dan berkesenian, dapat membantu mempertahankan kemampuan kognitif. Latihan tersebut mendorong berkembangnya dendrit dan meningkatnya plastisitas sistem syarat pusat.

Begitulah kiranya artikel tentang pelupa ini...jangan jadi pelupa lagi ya kalo sudah baca ...syukur-syukur mau berlatih gimana caranya supaya tidak menjadi pelupa..kalo ngga mau berlatih ntar bisa-bisa kayak kartun ini deh...
Semoga Bermanfaat...

SEKOLAH UNTUK APA?

Sekarang lagi musimnya UNAS alias ujian nasional. Kayak rambutan aja ya pake acara musiman. Kalau dulu waktu saya sekolah belum ada yang namanya unas, yang ada EBTA sama EBTANAS. 

Ujian akhir sekolah yang selalu memberi rasa ketakutan sendiri akan ketidak berhasilan melalui masa-masa ujian tersebut. Yah, apalagi kalau sudah mata pelajaran matematika, wah bisa menjadi DALANG mendadak deh malem harinya, kalau menjadi dalangnya tidak berhasil, biasanya ada yang tiba-tiba esok harinya menjadi TUKANG TATO dadakan, tukang tato rumus-rumus. gitu deeh.. itu dulu..zamannya saya sekolah, zamanya angkot masih 100 rupiah dan zamannya harga sepatu masih di bawah 30 ribu. kalau sekarang mungkin dan semoga sudah tidak seperti itu karena ongkos angkot dan harga sepatu sudah berbeda...
Melihat Fenomena di atas, saya sangat setuju dengan apa yang pernah di tulis Billy P.S lim dalam buku the best sellernya yang berjudul "Dare To Be Fail". Karena sering mengalami kegagalan hasil ujian di dalam ujian  di sekolahnya, pada akhirnya Billy menyimpulkan..
 Kurang lebih seperti ini..

"Sebenarnya Tujuan pergi ke SEKOLAH itu bukanlah untuk mencari ilmu, tapi supaya tahu bagaimana caranya supaya kita bisa MENJAWAB SOAL-SOAL UJIAN DENGAN BENAR"

Sebuah pernyataan yang berkesan putus asa, tapi memang benar seperti itu kenyataan iklim sekolah di negeri kita. Serajin apapun kita datang kesekolah, serajin apapun kita belajar, kalau soal-soal ujian tidak bisa kita jawab ya hasilnya akan sama saja dengan yang tidak rajin sekolah alias raja atau ratu bolos.

Hal ini sudah saya buktikan, waktu saya masih kuliah, saya tidak pernah masuk setiap mata kuliah Pancasila, bahkan wujud dosen saya pun saya tidak pernah melihat. Tapi karena saya bisa menjawab soal-soal ujian, saya mendapat nilai A. Dan waktu saya ujian mekanika teknik, saya mendapat nilai B dan saya juga jarang berangkat ke kampus untuk mata kuliah yang satu ini juga.
Saya selalu melakukan prediksi soal-soal yang akan keluar nanti, dan saya mencari sedikit bocoran  soal-soal dari temen-temen yang rajin berangkat kuliah.Hasilnya hampir sama dengan mereka yang rajin kuliah. walaupun memang pada akhirnya kuliah saya tidak selesai, dan belum selesai sampai sekarang..
Seperti itulah kenyataan pendidikan di negara kita, seakan-akan masih tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah. System cuma berganti nama tanpa adanya perubahan cara kerja. 
Hal ini harusnya tidak membuat kita terkejut, kalau kita kalah sama China dan Malaysia. 

Saya juga masih ingat waktu saya masih duduk di bangku SMU. pada saat mata pelajaran matematika,saya  merasa menjadi orang yang paling tidak di sukai guru matematika di kelas 2 SMU, karena saya lebih sering menjadi orang yang tidak ada di kelas pada jam pelajaran pertama hari selasa dan hari kamis dan pada akhirnya saya mendapat ultimatum kalau tidak bertobat membolos, untuk hasil ujian Matematika saya akan di beri nilai 4 pada Raport saya. Saya sangat bersyukur karena pada akhirnya saya di kasih nilai 5. Tapi itu bukan nilai merah..karena tulisannya saya pertebal dengan tinta hitam.

Bukan saya tidak menyukai pelajaran matematika, tapi lebih karena saya tidak tahu akan manfaat dan fungsi dari pelajaran itu. yang saya tahu manfaatnya adalah pelajaran perkalian, pembagian dan penambahan seperti yang sering di gunakan digunakan ibu saya untuk menghitung keuntungan berniaga dan hal ini memang benar-benar bisa di aplikasikan dalam kehidupan. tapi kalau pelajaran pelajaran SINDIKAT TANGAN KOSONG alias Sin Tangen Cosinus dan geometri, persamaan kuadrat, sampai sekarang saya masih belum tahu letak aplikasinya dalam kehidupan. Begitu juga dengan mata pelajaran yang lainnya.

Tanpa di ketahuinya tujuan dari sebuah pelajaran di dalam sekolah, menjadikan murid-murid tidak  mempunyai motivasi dan rasa keingintahuan yang dalam terhadap pelajaran itu, hal ini menyebabkan hampir semua anak didik menjadi bersikap acuh tak acuh terhadap mata pelajaran itu dan ini FAKTA..hlaa wong tidak tau manfaatnya apa ...mau termotivasi bagaimana..
Kita dipaksa untuk mau mempelajari sesuatu yang tidak kita ketahui manfaatnya..dan kita tidak boleh menanyakan apa manfatnya karena Gurunya juga tidak tahu manfaat dari pelajaran yang di berikannya. Atau sekolah hanyalah sebuah Doktrin atau yel-yel untuk memberantas buta huruf, sementara kebodohan tetap saja ada.


Kita, keluarga kita, tetangga-tetangga kita masih saja belajar sesuatu yang tidak di ketahui manfaatnya..sehingga menjadi benar apa yang di katakan Billy P.S Lim

"Sebenarnya Tujuan pergi ke SEKOLAH itu bukanlah untuk mencari ilmu, tapi supaya tahu bagaimana caranya kita bisa MENJAWAB SOAL-SOAL UJIAN DENGAN BENAR"

Semoga ada perubahan ke arah yang lebih baik...

Karakter Orang Berdasarkan Golongan Darah

Ramalan atau membaca karakter orang lain bisa di lakukan dengan bermacam-macam cara, ada yang membaca karakter dengan melihat zodiak, shio tanggal dan bulan kelahiran, weton, bentuk tubuh, dan pembacaan karakter berdasarkan bentuk muka atau wajah.
Selain itu ada lagi nih..membaca karakter berdasarkan golongan darah. Percaya atau tidak, ini hanya sekedar tulisan dan berbagi pengetahuan saja.
Ok langsung saja menuju TKP...

Karakter-karakter orang berdasarkan golongan darah..
SIFAT SECARA UMUM
A
terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (krn
perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan politik:
"destra"
B
nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik:
"sinistra"
O
berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan
politik: "centro"
AB
unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik
BERDASARKAN URUTAN
Yg paling gampang ngaret soal waktu
1. B (krn nyantai terus)
2. O (krn flamboyan)
3. AB (krn gampang ganti program)
4. A (krn gagal dalam disiplin)
Yg paling susah mentolerir kesalahan org
1. A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2. B (krn easy going tapi juga easy judging)
3. AB (krn asal beda)
4. O (easy judging tapi juga easy pardoning)
Yg paling bisa dipercaya
1. A (krn konsisten dan taat hukum)
2.O (demi menjaga balance)
3 B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4 AB (mudah ganti frame of reference)
Yg paling disukai utk jadi teman :
1.O (orangnya sportif)
2.A (selalu on time dan persis)
3.AB (kreatif)
4.B (tergantung mood)
Kebalikannya, teman yg paling disebelin/tidak disukai
1.B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2.AB (double standard)
3.A (terlalu taat dan scrupulous)
4.O (sulit mengalah)
MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN
Yg paling mudah kesasar/tersesat
1.B
2.A
3.O
4.AB
Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga
1. O (jago olah raga)
2. A (persis dan matematis)
3. B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang
dan gulat jepang bergoldar B)
4. AB (alergi pada setiap jenis olah raga)
Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin
1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
2 A (krn berpribadi "minute" dan teliti)
3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)
Yg jadi PM jepang rata2 bergolongan darah
1. O (berjiwa pemimpin)
Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya bergol darah : B
Yg paling gampang nabung
1. A (suka menghitung bunga bank)
2. O (suka melihat prospek)
3. AB (menabung krn punya proyek)
4. B (baru menabung kalau punya uang banyak)
Yg paling kuat ingatannya
1. O
2. AB
3. A
4. B
Yg paling cocok jadi MC
1. A (kaya planner berjalan)
MENYANGKUT KESEHATAN
Yg paling panjang umur
1. O (gak gampang stress, antibodynya paling joss!)
2. A (hidup teratur)
3. B (mudah cari kompensasi stress)
4. AB (amburadul)
Yg paling gampang gendut
1. O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2. B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3. A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4. AB (Makan tergantung mood, mudah kena anorexia)
Paling gampang digigit nyamuk
O (darahnya manis)
Yg paling gampang flu/demam/batuk/ pilek
1. A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2. AB (lemah thd hygiene)
3. O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4. B (makan, tidur nggak teratur)
Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an)
A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso dsb)
AB (hobby mencicipi semua masakan, "aji mumpung")
Yg paling cepat botak
1. O
2. B
3. A
4. AB
Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin
1. B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2. AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3. A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4. O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)
Yg paling cepet tertidur
1. B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2. O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah ken ngantuk)
3. AB (tergantung kehendak)
4. A (tergantung aturan dan orario)
Penyakit yg mudah menyerang
A (stress, majenun/linglung)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)
Apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat
A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu
tegang dan serius)
B (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit,
meditasi, main catur)
O (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
A
AB (Krn gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega)
Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)
1. A
2. B
3. O
4. AB

Demikian sedikit informasi mengenai karakter orang berdasarkan golongan darah..
Semoga Bermanfaat..

Monday, March 22, 2010

VESPARADOS

!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!
Secangkir kopi, sebatang rokok di tangan, dan music blues yang mendayu-dayu membawa saya kepada sebuah kenangan lama. Yah..kadang kita tanpa sengaja dan tentu tanpa rencana tiba-tiba mengenang sesuatu yang sudah lama berlalu. Kenangan memang selalu ada di dalam otak kita, selama batere memory nya masih ada, selama batere cmosnya masih mempunyai power, pasti kita akan selalu bisa mengenang kejadian-kejadian yang sudah lama berlalu dan tidak dengan sengaja sering kita ingat.



!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!
It's been a long long time ago..
waktu kuliah saya pernah bergabung dengan temen-temen yang mempunyai kecintaan yang sama pada sebuah kendaraan yang produk eropa, tepatnya italia, dan saya yakin orang yang mengenal dunia otomotif pasti mengenal vespa piaggio.
Sebuah kendaraan yang cukup antik, dilihat dari struktur body dan desain  mesin nya. Banyak yang sangsi akan ke stabilan sepeda motor jenis ini. Ada yang bilang berat sebelah, ada yang bilang berat badannya membuat tidak bisa melaju kencang..
Itu semua anggapan yang salah, sebuah anggapan yang terlalu melihat cover nya, kata orang bijak kan Don't Judge A Book by the Cover. so i can tell to you like this..
Don't Judge a Vespa by The Body...
Tidak seimbang, berat sebelah itu bisa di patahkan, karena itu terbukti dengan fakta temen-temen saya dan saya sendiri dulu sering lepas tangan sambil berdiri di atas Vespa yang berjalan. Dan itu sangat balance. Saya yakin kita akan kesulitan ketika lepas tangan dan berdiri di atas kendaraan  roda dua yang berjalan selain Vespa. karena vespa mempunyai tempat pijakan yang lebih nyaman di banding sepeda motor lainnya.

Vespa menjadi pioneer dalam beberapa teknlogi sepeda motor, diantaranya sepeda motor dengan lengan ayun depan dan belakan tunggal, sepeda motor yang menggunakan persneling otomatis dan akhir-akhir ini di gunakan pada sepeda motor kymco,yamaha, honda dan suzuki. padahal vespa sudah mengaplikasikannya pada tahun 90an yaitu pada vespa corsa. hebat bukan..?
!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!
Zaman saya masih kuliah saya punya club vespa, VISTA (Vespa Institut sains dan Teknologi "Akprind"). Sebuah club vespa kampus yang pertama ada di Indonesia. Dan sekarang anggota pendirinya sudah pada berpencar mencari sesuap berlian segenggam nasi..hahahaha...
!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!
Dibawah ini Album kenangan Vista yang kebetulan ada temen-temen yang berbaik hati Sharing melalui www.facebook.com...
 Sundak, Wedi Ombo...Ada yang mengatakan ini adalah tour Kutukan...hahahahaaa....kalau saya inget makian temen saya yang tidak kunjung gemuk ini saya sering tertawa sendiri...

Di Jalan Raya di daerah Gunung kidul wonosari...beautifful place & de beautiful trips..
!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!

!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!

Masih di Gunung kidul..Rest for a minute...

Give Thanks and praises to the Lord Lord of the universe has given to us...

Sahabat memang selalu datang dan pergi, dengan keaneka ragaman karakter dan latar belakang...
Vespa menyatukan keanekaragaman itu menjadi sebuah persamaan misi, visi dan rasa kecintaan terhadapa Vespa...
Vista was here....
!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!
Saya mendapatkan informasi dari beberapa teman yang masih eksis di beberapa club vespa. Bahwasanya sekarang menjadi trend menjual vespa yang antik dan langka kepada bule-bule yang kemudian oleh mereka di bawa pulang ke negara asal.Tentunya dengan harga yang sangat menggiurkan..
tapi kalau kita berani menanyakan kepada nurani, apakah tega populasi Vespa di Indonesia akan menurun dengan drastis dengan adanya bisnis vespa antik ini.
Dilihat dari harga jualnya, harga vespa di bawah tahun 80an memang mengalami kenaikan.
!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!
Sungguh sangat di sayangkan perdagangan seperti ini..sangat sangat di sayangkan...
Jika pemerintah mengeluarkan undang-undang atau PP atau KEpres untuk menjadikan Vespa sebagai binatang yang di lindungi, eh Kendaraan antik yang di lindungi..saya sangat setuju..bagaimana dengan anda?
Semoga yang menjual Vespa antik kepada bule-bule luar negeri..matinya di kelilipan platina...setuju?

!!!SELAMATKAN POPULASI KENDARAAN ANTIK DI INDONESIA!!!


SEX dan ORGASME

Kadang-kadang dalam berhubungan seks dengan pasangan, kita sering merasa kesulitan mencapai orgasme atau sebaliknya, jika Anda merasa bahwa hal semacam itu anda harus mencoba resep tradisional berikut:

Bahan
- 15 gram daun pepaya gantung
- 15 gram adas
- 10 gram pulosari
- 2 gram merica
- 5 gram kunyit
- 2 telur ayam
- 2 sendok makan madu asli.

Cara Membuat:
Parutan kunyit, daun pepaya, ditumbuk dan kemudian mereka cukup diberi air panas, diperas dan disaring. Adas dan pulosari ditumbuk halus, dicampur dengan daun jeruk, kunyit dan pepaya, kemudian dimasukkan ke dalam 1 / 2 cangkir air panas, aduk dan dinginkan rata. Kuning telur diambil setelah dingin dan kemudian mengumpulkan madu ke dalam gelas yang berisi bahan-bahan dan aduk rata. Taken sekali di pagi hari. Membuat dan minum campuran ini 3 kali seminggu.

Selamat mencoba dan semoga berhasil..

Sumber http://www.herbalbooks.co.cc

Saturday, March 20, 2010

Mengenal Karakter melalui bentuk Wajah

Percaya tidak percaya nih, biasanya saya membaca seseorang sebelum saya melakukan kerja sama, atau punya niat untuk ngobrol tapi isi dari obrolan itu perlu di jaga rahasianya, hal-hal yang sering saya lakukan adalah memperhatikan mata dari orang yang mau saya ajak ngobrol rahasia, atau hendak melakukan kerja sama bisnis, saya juga sering memperhatikan seseorang dari bentuk-bentuk wajah, karena kata orang wajah itu cerminan dari hati. Kalau anda tertarik untuk mengetahui karakter seseorang melalui bentuk muka untuk  sekedar mewaspadai terhadap kemungkinan-kemungkinan yang kurang bagus, berikut di bawah ini adalah sedikit ilmu wajah yang bisa anda gunakan, walaupun tidak 100% terjamin kebenaran dan akurasinya, tapi anda bisa menggunakannya untuk berjaga-jaga, bukan untuk mencurigai ya..

BENTUK WAJAH
Panjang dan tirus: orang yang memiliki bentuk muka seperti ini umumnya sabar dan memiliki keteguhan hati. Ia juga memiliki pribadi menarik dan tidak suka bekerja setengah-setengah.

Bulat: Bentuk muka bulat menandakan orang yang penuh dengan vitalitas dan harapan. Ia suka menjadi pusat perhatian dan mampu mengubah suasana kaku menjadi suasana yang penuh gelak tawa.

Lebar: Ia sangat tolerir, mudah jatuh iba, serta memiliki wawasan yang luas.

Persegi: Sifatnya individualis dan memiliki keinginan yang kuat dalam mencapai mimpinya. Pemilik wajah seperti ini termasuk orang yang tidak bisa diam dan cekatan.

DAHI
Licin: Tipe orang yang pemikir dan cepat mengambil keputusan.

Berkerut: Bila kerutan yang tampak berupa garis-garis horisontal, hal ini menunjukkan orang tersebut mudah marah dan memiliki antusiasme yang tinggi.

MATA
Tegang: Bila terdapat bagian putih mata di antara iris atau selaput pelangi dan bagian bawah kelopak mata pada kedua mata, menunjukkan orang tersebut tertekan dan khawatir.

Menantang: Bila bagian putih terlihat di bagian atas iris, berarti selain tertekan orang tersebut juga galak.

Terpisah: Bila bagian putih tampak di sekeliling iris, lebih baik hindari orang ini. Soalnya, hal itu menunjukkan orang tersebut tidak stabil secara kejiwaan dan gampang marah.

Garis-garis: Bila tampak garis-garis kecil di bagian luar mata, orang tersebut termasuk tipe yang ramah, mudah tersenyum, dan cenderung selalu merasa bahagia.


ALIS
Alis mata dapat menjadi indikator yang menarik mengenai cara berpikir seseorang.
Lurus: Alis mata yang horizontal menunjukkan tipe orang yang penuh dengan gagasan. Mereka senang berdebat.

Lengkung: Bila memiliki alis mata yang melengkung, orang tersebut termasuk tipe orang yang memiliki rasa humor yang tinggi.

Tipis: Termasuk tipe orang yang kurang percaya diri, terutama bila alis mata agak ke atas dan melengkung.

Menyambung: Bila melihat orang dengan alis mata yang menyambung, berarti Anda berhadapan dengan seorang pemikir dan Anda dapat mengambil manfaat dengan memberikan semangat kepada mereka untuk membagi gagasan-gagasannya.

KELOPAK MATA
Kecil: Bila jarak antara bagian atas kelopak mata dan bulumata sangat dekat, menunjukkan orang tersebut mandiri dan dapat menjaga jarak dengan orang lain.

Lebar: Kelopak mata yang lebar merupakan tanda sang pemilik memiliki sifat tidak mandiri.

HIDUNG
Kecil: Orang yang berhidung kecil umumnya memiliki pembawaan lemah, sering tidak dapat diandalkan, dan pikirannya gampang berubah-ubah.

Besar: Hidung besar menandakan orang yang mempunyai inisiatif, mantap, serta memiliki karakter yang kuat.

Pesek: Hidung yang besar tetapi pesek, biasanya pembawaannya tidak kaku dengan sekelilingnya. Pragmatis, hanya percaya pada dirinya sendiri, mudah bergaul, dan berani.

Mancung: Biasanya bersifat terus terang, kendati kadang agak pedas bila berbicara. Mengagumi diri sendiri, susah mengambil keputusan, dan peka.


TELINGA
Kecil: Biasanya merasa tidak aman tetapi pada umumnya tahu apa yang mereka inginkan. Mereka juga termasuk jenis pekerja keras.

Tajam: Bersifat kaku dan tidak santai.

Telinga yang berambut: Pemiliknya bersifat cermat dan teliti. Waktu dan tenaganya habis untuk hal-hal yang tidak penting.

DAGU & RAHANG
Rahang persegi: Bersifat keras dan memiliki kemampuan untuk membuat impian-impiannya menjadi kenyataan.

Dagu yang menonjol keluar: Merasa dirinya penting dan selalu benar. Menurut pendapatnya, tidak seorang pun yang benar kecuali dirinya.

PIPI
Pipi yang bentuknya bagus: Merupakan ciri-ciri dari sifat yang cekatan, berenergi, percaya diri dan dapat menerima kesalahan orang lain.

Lesung pipi: Selain membuat orang tersebut menjadi menarik, lesung pipi juga merupakan simbol keserasian dari pemiliknya.

BIBIR
Tebal: Bersifat murah hati dan senang membicarakan tentang dirinya sendiri.

Tipis: Bila bentuk bibirnya tipis dan bulat, merupakan tanda dari kepribadian yang tertutup dan peka.

Demikian, semoga bermanfaat..
Bibir atas tipis dan bibir bawah tebal: Menunjukkan tipe orang yang persuasif.
Di kutip dari  http://www.indospiritual.com/artikel_raut-wajah-dan-kepribadian.html

Secangkir Kopi

Tulisan kali ini saya beri judul Secangkir Kopi. Karena memang saya ingin bercerita tentang kopi, minuman yang sudah tidak asing lagi di telinga semua orang indonesia. Karena memang indonesia juga terkenal sebagai negara penghasil kopi. Kalau tidak salah sekarang Indonesia menempati peringkat ke empat terbesar dunia. wow..hebat juga ya Indonesia. Tapi sayang, ketika sudah mampir ke kafe-kafe, hampir tidak ada lagi kopi Indonesia yang harusnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, yang harusnya menjadi kebanggaan negeri sendiri. Nanti kalau sudah di akui oleh negara tetangga, baru warga Indonesia teriak, "Enak aje loe,itu kopi kan kopi asli nenek moyang gue ..hehehe"
Kalau ada tidak dirawat, giliran di akuin orang lain eeh.. teriak-teriak. Yah begitulah, pada kenyataannya sekarang orang lebih bangga kalau menggunakan produk dari luar negeri dari pada produk lokal, termasuk kopi. Rata-rata mengatakan gengsinya lebih oke kalau nongkrong di starbuck atau tempat lainnya yang notabene produk luar dari pada nongkrong di warung kopi ala indonesien vrijman.

ASAL USUL KOPI

Pada awalnya kopi di Indonesia berada di bawah pemerintah Belanda. Kopi diperkenalkan di Indonesia lewat Sri Lanka (Ceylon). Pada awalnya pemerintah Belanda menanam kopi di daerah sekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi dan Bogor. Kopi juga ditanam di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra dan Sulawesi. Pada permulaan abad ke-20 perkebunan kopi di Indonesia terserang hama, yang hampir memusnahkan seluruh tanaman kopi. Pada saat itu kopi juga ditanam di Timor dan Flores. Kedua pulau ini pada saat itu berada di bawah pemerintahan bangsa Portugis. Jenis kopi yang ditanam di sana juga adalah kopi Arabika. Kopi ini tidak terserang hama.
Biji kopi yang telah digoreng

Pemerintah Belanda kemudian menanam kopi Liberika untuk menanggulangi hama tersebut. Varietas ini tidak begitu lama populer dan juga terserang hama. Kopi Liberika masih dapat ditemui di pulau Jawa, walau jarang ditanam sebagai bahan produksi komersial. Biji kopi Liberika sedikit lebih besar dari biji kopi Arabika dan kopi Robusta. sebenarnya, perkebunan kopi ini tidak terserang hama, namun ada revolusi perkebunan dimana buruh perkebunan kopi menebang seluruh perkebunan kopi di Jawa pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Status Industri Saat Ini

Robusta menggantikan kopi Liberika. Walaupun ini bukan kopi yang khas bagi Indonesia, kopi ini menjadi bahan ekspor yang penting di Indonesia.

Bencana alam, Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan - semuanya mempunyai peranan penting bagi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-20 perkebunan kopi berada di bawah kontrol pemerintahan Belanda. Infrastruktur dikembangkan untuk mempermudah perdagangan kopi. Sebelum Perang Dunia II di Jawa Tengah terdapat jalur rel kereta api yang digunakan untuk mengangkut kopi, gula, merica, teh dan tembakau ke Semarang untuk kemudian diangkut dengan kapal laut. Kopi yang ditanam di Jawa Tengah umumnya adalah kopi Arabika. Kopi Arabika juga banyak diproduksi di kebun - kebun seperti (Kayumas, Blawan, Kalisat/Jampit)di Bondowoso, Jawa Timur. Sedangkan kopi robusta di Jawa Timur, banyak diproduksi dari kebun - kebun seperti Ngrangkah Pawon (Kediri), Bangelan (Malang), Malangsari, Kaliselogiri (Banyuwangi). Di daerah pegunungan dari Jember hingga Banyuwangi terdapat banyak perkebunan kopi Arabika dan Robusta. Kopi Robusta tumbuh di daerah rendah sedangkan kopi Arabika tumbuh di daerah tinggi.

Setelah kemerdekaan banyak perkebunan kopi yang diambil alih oleh pemerintah yang baru atau ditinggalkan. Saat ini sekitar 92% produksi kopi berada di bawah petani-petani kecil atau koperasi.

AIR..

Membahas air jadi inget film kartun favorit saya yang sering membuat saya terlambat berangkat kerja. Yah, film avatar, bukan avatar versi layar lebar lho.
Awal dari film avatar itu selalu di iringi suara narasi air...api...tanah...udara...
dahulu kala ada bla bla bla dan bla....
itu film favorit saya, trus apa hubungannya tulisan ini sama air dan api nya naif..hlo kok jadi naif..group band yang saya sangat suka..halaah...kembali ke pokok pembahasan..
Air...disamping sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup di alam ini, air banyak sekali memberikan manfaat kepada kita, salah satu manfaat yang jarang sekali orang mau menggalinya adalah manfaat akan pesan-pesan kebijaksanaan dalam kehidupan.
Air memberikan pelajaran kepada kita kalau kita sedikit mau membuka mata, membuka hari dan membuka pikiran akan pelajaran yang terkandung di dalamnya.

FLEKSIBILITAS
Dimanapun tempatnya, berada dalam tempat apapun bentuknya, air dapat menyesuaikan diri dengan bentuk apapun. Air dapat menyesuaikan diri dengan sempurna. Apa artinya?
Dengan kemampuan menyesuaikan diri ini, bukankah dalam pergaulan kita akan lebih mudah di terima?
orang yang supel merupakan orang yang fleksibel bukan?
Air bisa menyesuaikan dengan bentuk apapun tanpa kehilangan sifat asli dari air tersebut, air yang berada dalam gelas bentuknya mengikuti cekungan gelas tanpa harus menjadi cekungan gelas tersebut. Dalam bersosialisasi dengan orang lain, sifat seperti ini akan sangat menguntungkan karena orang yang bisa bersifat seperti ini biasanya akan mendapat relasi yang banyak. Begitu juga di dalam bisnis, kususnya di dalam bidang penjualan, sifat Fleksibilitas yang di ajarkan air ini akan sangat membantu.

RENDAH HATI
Anda pernah melihat gunung?saya yakin anda pernah melihatnya walaupun hanya di dalam televisi, film, atau sekedar gambar. Sama seperti saya, saya juga lebih sering melihat gunung di dalam layar televisi,koran atau pun film, tapi lebih sering saya melihatnya ada dalam mata yang sering berpindah-pindah tangan.
Berbeda dengan air, Gunung itu menjulang tinggi memamerkan kekuatan. Kalau air justru ada di tempat yang paling rendah di dunia ini dan menunjukkan kerendah hatian.
Dengan kerendah hatian ini, kita akan mempunyai peluang yang besar untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang dari banyak orang daripada  di musuhi.

Waktu pelajaran IPA kelas 5 Sekolah Dasar, saya ingat sekali sifat sifat dasar bisa meresap melalui pori-pori yang kecil (fleksibilitas), menyesuaikan dengan bentuk benda (fkeksibilitas), mengalir dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah (kerendah hatian).

Memang faktanya seperti itu, air selalu mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah, dengan catatan tanpa bantuan tenaga kinetik yang lain ya..seperti mesin sedot air ...
Setelah menguap dan terbang mencapai langit pun air tetap akan kembali pulang menuju tempat yang paling rendah. Pulang dengan menempuh perjalanan yang sangat jauh..pun itu pasti di lakukan.
Beda sekali dengan manusia, kalau sudah ada di posisi puncak tidak pernah mau turun, seakan itu kenikmatan yang tidak akan musnah, kenikmatan abadi. Ketika berada di atas puncak terus menerus air sering di gunakan sebagai lambang kesedihan oleh para pujangga. Air sedih karena dia tidak berada pada tempat yang semestinya, tempat yang mengajarkan sebuah kerendah hatian...

IKLAS DALAM MEMBERI
Apa jadinya kalau air ngambek tidak mau mengalir, tidak mau memberikan dirinya untuk kehidupan, tidak mau naik turun dari laut menuju langit kemudian jatuh ke bukit dan pulang lagi menuju laut dan seterusnya..apa jadinya kalau air tidak ikhlas dalam memberi. Makhluk hidup pun pasti akan  beramai-ramai mengadukan hal ini kepada Tuhan. Bagaimana dengan manusia yang tidak iklas dalam setiap pemberiannya? suara-suara sumbang kemungkinan akan segera menggerumuti kehidupannya. untuk kemudian membuat nya gerah, gelisah dan akhirnya marah dikarenakan perbuatannya sendiri.
Air menyampaikan kepada kita, bahwasanya tidak perlu kita menunjukkan diri kalau kita sudah memberikan sesuatu kepada orang lain. bahwasanya kita tidak perlu menyebut-nyebutkan pemberian kita kepada orang lain. karena hal ini akan mengundang reaksi yang tidak baik dan pemberian kita akan dipersepsikan sebagai pemberian yang mempunyai tendensi tertentu.
anda mau di curigai?
makanya kita harus bener-bener ikhlas kalau mau memberi sesuatu kepada orang lain. Ikhlas tidaknya itu bisa kok di ketahui. biasanya kalau seseorang sedang ada konflik dengan orang lain, banyak sekali penyebutan berbagai pemberian atau jasa.."Si ini udah gua kasih ini lah itu lah tapi masih juga kagak bisa ngehargain gua.."nah lo...

SHOW MUST GO ON...
Seperti lagunya Mel Gibson aja...hlo kok mel gibson ...emang pernah sih mel gibson nyanyiin lagu ini di kamar mandi..
Ya,so must go on..
Air tidak pernah berhenti untuk waktu yang lama pada suatu tempat. kenapa,karena air ingin segera pulang menuju lautan...itu perkiraan jawaban saya aja...
Apapun itu tujuannya, kita bisa melihat sebuah arah yang jelas dari aliran air, menuju tempat yang paling rendah, dan itulah samudera..
 Dalam perjalanan panjang menuju pulang ini, banyak sekali rintangan, halangan, hambatan dan ancaman yang di hadapi air.Tebing yang Curam, batu-batuan yang terjal, tapi apa yang terjadi..SHOW MUST GO ON...
Jika saja semua manusia bisa menerapkan prinsip ini, saya yakin pasti semua manusia pasti bisa sukses. Nah kalau kita pengen sukses, ikutilah pesan tanpa tulisan yang di bawa air ini, karena sayapun sedang mencoba menerapkan pesan dari sang air ini. Mari Sukses bersama....

Demikian sedikit  perenungan bersama secangkir kopi yang mulai dingin ini. semoga bermanfaat!
Semoga sukses!

Thursday, March 18, 2010

Perbedaan Otak Laki-Laki dan Perempuan

Secara Fisik sudah pasti laki-laki dan perempuan pasti beda, berbeda juga secara psikologis yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku, pemikiran, cara memandang (sudut pandang), dan keputusan-keputusan. Nah, sebenarnya apa sih bedanya antara otak laki-laki dan perempuan sehingga bisa menghadirkan perbedaan-perbedaan yang sangat signifikan..

Check it out..


menurut Michael Guriaan dalam bukunya What Could He Be Thinking? How a Mans Mind Really Works menjelaskan, perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian itu berhubungan serta
cara kerjanya.

Perbedaan mendasar antarkedua jenis kelamin itu adalah:



1. Perbedaan spasial Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti
kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran
jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan.

2. Perbedaan verbal Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan
cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan
saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak
perempuan. Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya.
Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan
menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata!


3. Perbedaan bahan kimia Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang.
Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik
pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau
dengan benda lebih banyak. Dua hal inimempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih
dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

4. Memori lebih kecil Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.
Hal ini lah yang sering menyebabkan terbukanya sebuah perselingkuhan dalam rumah tangga, karena sang istri lebih peka dan tajam ingatannya, pandai menyimpan perasaanya, sehingga suami tidak merasa sedang di awasi dan perlahan-lahan masuk ke dalam perangkap pembuktian kebenaran yang di siapkan oleh sang istri.
Bagaimana dengan istri yang melakukan perselingkuhan?
Laki-laki lebih bisa berpikir logis, ketika sang istri melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan di luar kebiasaan sehari-hari, atau sudah ada hal-hal yang mencurigakan, biasanya sang suami sudah dapat merasakan hal itu jauh-jauh hari..

so..??
Perbedaan  Diciptakan untuk melengkapi. Kerja sama yang baik, saling percaya, saling support adalah hal yang lebih baik dari pada mencari pemuasan di tempat lain atau pada orang lain..hlo kok jadi begini bahasannya...kok jadi masalah selingkuh....hwaaa....

Monday, March 15, 2010

Blog dan usaha Online

Membuat blog untuk usaha online atau hanya sekedar sharing itu hanya sebagian dari tujuan membuat blog. masih banyak motivasi yang membuat orang menciptakan sebuah blog, tapi terlepas dari tujuan Membuat Blog untuk usaha online atau apapun yang memotivasi kita membuat blog, kita harus selalu memperhatikan isi dari blog kita itu sendiri dibuat supaya lebih ramah dengan search engine. karena percuma saja membuat blog kalau tidak ada kejelasan traffic rank nya. itu sama saja dengan membuang waktu dan tenaga kita untuk membuat blog. kalau tidak ada pengunjung yang pasti, menurut dapur blogger lebih baik blog itu ditulis di buku diary saja..:)..
Kali ini akan dibahas cara membuat Blog untuk usaha Online. lebih tepatnya pra pembuatan, atau persiapan untuk membuat bisnis online.
pembuatan blog dengan tujuan untuk usaha online, atau shop online bijaknya kita menentukan
dulu apa yang akan di posting, apa yang akan di sajikan, barang apa yang akan di jual, foto apa yang akan di tampilkan,judul apa yang akan di gunakan, keyword apa yang akan di gunakan sebagai kata kunci supaya usaha online kita dengan mudah terindex oleh search engine.
setelah semua itu kita tentukan baru kita melangkah menentukan template.warna apa yang akan di gunakan sebagai background, blog akan di buat menjadi berapa kolom side bar.
Search engine adalah pokok bahasan yang tidak ada habisnya di bahas di forum blogger. karena ini berhubungan dengan tingkat "Laku" atau tidaknya suatu Blog di kancah search engine. kalau blog nya tidak laku ya percuma, sia-sia, dan hal ini sering membuat para blogger putus asa karena blog nya lama tidak di indeks oleh search engine. Oleh karena itu hal yang berhubungan dengan search engine ini harus dan amat sangat wajib di perhatikan (udah harus, pakai amat sangat lagi...).ya, karena percuma kan kalau kita membuka usaha toko tapi tidak pernah ada pengungjungnya...begitu juga dengan usaha online. pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan bisnis real.
setelah blog anda jadi, desainnya jadi, jangan lupa anda membuat meta tag untuk blog anda. buatlah meta tag yang friendly sehingga blog usaha online anda akan mudah di indeks. kemudian carilah backlinks sebanyak-banyaknya. atau anda bisa juga dengan mempromosikan blog usaha online anda ke rekan-rekan anda atau ke saudara anda.
Nah, begitu aja dulu semoga bermanfaat..